English French Russian Japanese Arabic


KPK SIAP BERANTAS GURU YANG KORUPSI, INI CARANYA

Assalamu'alaikum wr.wb. Salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia....
mari simak informasi terbaru dan sangat penting berikut ini....

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memasang aplikasi yang bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberantas korupsi di tempat pelayanan umum. Aplikasi itu di antaranya check my school yang dipasang di sekolah dan check hospital di rumah sakit.

"Akan diterbitkan tiga bulan mendatang," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, setelah menjadi narasumber dalam kelas inspirasi di SMA Negeri 1 Magetan, Jumat, 13 Mei 2016.

Menurut dia, rencana pemasangan aplikasi check my school itu berangkat dari keprihatinan KPK. Sebab, masih berlangsungnya kegiatan yang semestinya tidak diperbolehkan namun sudah dianggap biasa di sekolah. Aktivitas itu di antaranya bisnis penjualan buku yang dilakukan pihak sekolah. Selain itu, adanya guru yang ikut piknik namun tidak membayar.

Munculnya praktek seperti itu, ia menilai, karena penghasilan guru yang masih minim. Karena itu, KPK akan mendorong pemerintah meningkatkan gaji guru melalui program sertifikasi yang sudah dijalankan. "Caranya, guru harus diberi gaji tinggi dan tidak boleh berbisnis di sekolah," ucap Agus.

Aplikasi check my school, ia melanjutkan, akan meningkatkan transparansi anggaran di sekolah. Termasuk di dalamnya tentang jumlah dana yang diperoleh dari pemerintah dan sumbangan orang tua. Untuk pencegahan korupsi, Agus berharap para siswa proaktif mengontrol pelayanan di sekolahnya melalui aplikasi tersebut.

Adapun aplikasi check hospital juga mempunyai fungsi yang sama. Di dalamnya akan diketahui sejumlah hal, di antaranya hak dan kewajiban pasien serta teknis dan lama pelayanan. "Kontrol harus dilakukan secara seimbang," ucap mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini.

Agus Rahardjo dijadwalkan berada di daerah kelahirannya, Magetan, selama dua hari sejak Jumat hingga Sabtu besok, 14 Mei 2016. Selain mengunjungi sekolah lamanya, pria penyuka gulai kambing ini akan datang ke acara reuni akbar alumni SMA Negeri 1 Magetan 1966-1990 di Gelanggang Olahraga Ki Mageti, Magetan.

0 komentar:

Posting Komentar





Diberdayakan oleh Blogger.

Random Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PEDULI OPERATOR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger